Minggu, 15 Januari 2017

Touring Moge Lintas Negara, Pengendara Ingin Salurkan Hobi dan Pelajari Safety Riding

Ajang touring menggunakan motor gede (moge) Honda dari Thailand hingga Malaysia, Honda Asian Journey dimanfaatkan oleh konsumen moge Honda dari Indonesia dan beberapa negara lain. Perjalanan sekitar 700 km ini digunakan konsumen moge Honda untuk menyalurkan hobi sekaligus memperdalam ilmu safety riding.

Touring Moge Lintas Negara, Pengendara Ingin Salurkan Hobi dan Pelajari Safety Riding

Agus Nurhayat, pemilik Honda CB500X dari Jakarta mengaku, mengikuti Honda Asian Journey yang diawali dengan pembekalan safety riding menurutnya bisa menambah ilmu dan wawasan dalam berkendara. Selain itu, melalui turing ini Agus juga ingin memuaskan hatinya menyalurkan hobi touring.

"Sebenarnya touring itu hobi. Untuk kepuasan hati. Kalau orang hobi, touring sudah mencapai kepuasan hatinya," katanya di Phuket, Thailand, Rabu (26/10/2016).

Agus mengaku pernah melakukan touring di dalam negeri maupun di luar negeri. Dalam perjalanan ini, Agus ingin menggunakan moge Honda F6B.

Sementara itu, pemilik Honda CB500X lainnya, Maruf dari Pekanbaru mengatakan, motivasi dia mengikuti Honda Asian Journey ini utamanya adalah mengasah kemampuan safety riding. Pelatihan safety riding yang dilakukan di Honda Safety Riding Park Phuket, Thailand ini membuat Maruf lebih mendalami cara berkendara yang lebih aman.

"Kalau di Indonesia enggak tahu cara riding yang benar. Kalau di sini diajarin total dan resmi dari Honda," ujar Maruf.

Maruf mengakui, sebelum mengikuti sesi safety riding ini, cara berkendara dia banyak yang tidak sesuai. Dari pelatihan ini, dia mulai membiasakan cara berkendara yang baik.

"Yang fatal kan kalau tangan kiri nempel ke kopling, tadi pas praktik tangan kiri saya nempel ke kopling ditegur. Akhirnya sekarang udah kebiasaan. Banyak ilmu sih, kayak posisi ngerem dan sebagainya," kata Maruf.

Selain kegiatan safety riding, Maruf juga ingin mencari kawan baru dari kegiatan Honda Asian Journey ini. Sebabnya, perjalanan ini tak hanya diikuti oleh peserta dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia.

"Pergaulannya jadi tambah luas. Harapannya bisa turing antarnegara lagi selama ada kesaempatan. Ini pertama kali turing antarnegara. Makanya penasaran. Kalau ke luar negeri sering, tapi enggak riding," kata Maruf. (rgr/ddn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar